-->

CANDIDIASIS PSEUDOMEMBRAN ACUTE (TRUSH)


Kandidiasis pseudomembran akut adalah suatu infeksi opportunistik yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur Candida albicans superficial. Tampak sebagai plak mukosa yang putih, difus, bergumpal atau seperti beledru yang dapat dihapus dan meninggalkan permukaan merah, kasar atau berdarah.
Organisme tersebut adalah flora normal dari rongga mulut, saluran cerna dan vagina. Bayi yang ibunya menderita trush vagina pada saat melahirkan dan orang dewasa yang mengalami gangguan mikroflora normal dalam mulut akibat antibiotik, steroid atau perubahan sistemik seperti diabetes, hipoparatiroidisme, immunodefisiensi atau kemoterapi seringkali terserang keadaan ini.
Candidiasis pseudomembran akut biasanya dijumpai pada mukosa pipi, lidah dan palatum lunak. Secara klinis, plak-plak putih tersebut tampak dalam kelompok-kelompok yang mempunyai tepi eritematosus. Pola yang khas dijumpai pada pasien asma yang memakai alat hisap steroid. Polanya terlihat sebagai bercak melingkar atau oval yang kemerah-merahan-putih, di daerah berkontaknya aerosol dengan palatum. Diagnosis dapat ditentukan dengan pemeriksaan klinis, kultur jamur atau pemeriksaan mikroskopik secara langsung dari kerokan jaringan. Usap sitologik dengan pewarnaan potasium hidroksida (KOH), gram atau periodic acid Schiff (PAS) akan menunjukkan organisme yang sedang berbenih dengan pseudohife yang bercabang-cabang. pemakaian topikal dariobat-obat antijamur selama 2 minggu biasanya memberi kesembuhan.
 
 
 http://www.doktergigionline.com/2011/04/candidiasis-pseudomembran-acute-trush.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel