Perubahan pola dan organisasi bidang manusia dan bidang lingkungan Ilmu Manusia Kesatuan Halaman ini terakhir diperbaharui pada 27 Oktober 2011
05:02
Edit
S1 Keperawatan
Pengantar
Tentang teori yang
* Martha Rogers E
* Lahir: 12 Mei 1914, Dallas, Texas, Amerika Serikat
* Diploma: Knoxville Rumah Sakit Umum Sekolah Keperawatan (1936)
* Wisuda di Perawatan Kesehatan Masyarakat: George Peabody College, TN, 1937
* MA: Guru perguruan tinggi, universitas Columbia, New York, 1945
* MPH: Johns Hopkins University, Baltimore, MD, 1952
* Doktor dalam keperawatan: Johns Hopkins University, Baltimore, 1954
* Fellowship: Amerika akademi keperawatan
* Posisi: Profesor Emerita, Divisi Keperawatan, New York University, Konsultan, Pembicara
* Meninggal: 13 Maret 1994
Publikasi dari Martha Rogers
* Teoritis dasar keperawatan (Rogers 1970)
* Perawatan ilmu dan seni: sebuah prospektif (Rogers 1988)
* Perawatan: ilmu kesatuan, update tereduksi, manusia (Rogers 1990)
* Visi ruang berbasis keperawatan (Rogers 1990)
Sekilas model Rogerian
* Sistem Rogers konseptual menyediakan tubuh pengetahuan dalam keperawatan.
* Model Rogers menyediakan cara untuk melihat kesatuan manusia.
* Manusia dipandang sebagai bagian integral dengan alam semesta.
* Manusia kesatuan dan lingkungan adalah satu, tidak dikotomis
* Perawatan berfokus pada orang dan manifestasi yang muncul dari proses saling bidang manusia / lingkungan
hidup yang disebarkan oleh gelombang
* Manifestasi dari pola medan yang muncul adalah peristiwa diamati
* Identifikasi pola memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengalaman manusia
* Dasar karakteristik yang menggambarkan proses hidup manusia: bidang energi, keterbukaan, pola, dan dimensi panci
* Konsep-konsep dasar meliputi kesatuan manusia, lingkungan, dan prinsip-prinsip homeodynamic
Konsep Model Rogers
Bidang energi
* Bidang energi adalah unit dasar dari kedua hidup dan tak hidup
* Ini medan energi "menyediakan cara untuk memahami manusia dan lingkungan sebagai keseluruhan tereduksi"
* Bidang energi terus bervariasi dalam intensitas, densitas, dan sejauh
Keterbukaan
* Bidang manusia dan bidang lingkungan hidup terus-menerus bertukar energi mereka
* Tidak ada batasan atau penghalang yang menghambat aliran energi antara bidang
Pola
* Pola didefinisikan sebagai karakteristik yang membedakan suatu medan energi yang dirasakan sebagai gelombang tunggal
* "Pola abstraksi dan itu memberikan identitas ke lapangan"
Pan dimensi
* Pan dimensi didefinisikan sebagai "domain non linier tanpa atribut spasial atau temporal"
* Parameter-parameter yang digunakan manusia dalam bahasa untuk menggambarkan peristiwa yang sewenang-wenang.
* Ini adalah relatif, tidak ada pemesanan temporal kehidupan.
Homeodynamic prinsip-prinsip
* Prinsip-prinsip homeodynamic postulat cara memahami kesatuan manusia
* Unit dasar dari sistem hidup adalah medan energi
* Tiga prinsip homeodynamics
o Resonancy
o Helicy
o kebulatan
Resonansi
* Resonansi adalah pengaturan memerintahkan ritme karakteristik kedua field manusia dan bidang lingkungan hidup yang mengalami metamorfosis yang dinamis terus menerus dalam proses lingkungan manusia
Helicy
* Helicy menggambarkan evolusi, tidak terduga, namun terus menerus nonlinier medan energi yang dibuktikan dengan rhythmicties mengulangi non
* Prinsip Helicy suatu postulat munculnya pemesanan evolusi manusia
Keutuhan
* Para saling hubungan, terus-menerus dari medan energi manusia dan bidang lingkungan hidup.
* Perubahan terjadi dengan oleh repatterning berkelanjutan dari bidang manusia dan lingkungan dengan gelombang resonansi
* Bidang yang satu dan terintegrasi namun unik satu sama lain
Paradigma Keperawatan
Menjadi Manusia kesatuan (orang)
* Seorang manusia uniter adalah "tak dapat dikurangi, terpisahkan, panci dimensi (empat dimensi) bidang energi diidentifikasi oleh pola dan karakteristik memanifestasikan yang khusus untuk keseluruhan dan yang tidak dapat diprediksi dari pengetahuan tentang bagian-bagian" dan "suatu kesatuan yang utuh yang memiliki karakteristik sendiri yang khas yang tidak dapat dirasakan dengan melihat, menjelaskan, atau meringkas bagian "
Lingkungan
* Lingkungan adalah "tereduksi, pan bidang energi dimensi diidentifikasi oleh pola dan integral dengan bidang manusia"
* Lapangan hidup berdampingan dan tidak terpisahkan.
* Manifestasi muncul dari bidang ini dan dirasakan.
Kesehatan
* "Ekspresi dari proses kehidupan, mereka adalah" karakteristik dan perilaku muncul dari interaksi, saling simultan bidang manusia dan lingkungan "
* Kesehatan dan penyakit adalah bagian dari kontinum waras.
* Para beberapa peristiwa yang terjadi sepanjang sumbu kehidupan menunjukkan sejauh mana manusia mencapai potensi kesehatan maksimal dan sangat dalam ekspresi mereka dari kesehatan terbesar untuk kondisi-kondisi yang tidak sesuai dengan proses kehidupan memelihara
Perawatan
* Dua dimensi ilmu keperawatan Independen
1. Sebuah badan terorganisasi pengetahuan yang spesifik untuk keperawatan adalah tiba di oleh penelitian ilmiah dan analisis logis
2. Seni praktik keperawatan:
+ Penggunaan kreatif ilmu pengetahuan untuk kemajuan manusia
+ Penggunaan kreatif pengetahuan adalah seni praktiknya
* Perawatan ada untuk melayani orang.
* Ini adalah tanggung jawab langsung dan utama kepada masyarakat
* Praktek aman keperawatan tergantung pada sifat dan jumlah pengetahuan ilmiah keperawatan individu membawa untuk berlatih ... .... Penghakiman, imajinatif intelektual dengan mana pengetahuan tersebut dibuat dalam pelayanan kepada jenis manusia.
Rogerian teori-Grand teori
* Teori fenomena paranormal
* Teori rhythmicities
* Teori evolusi mempercepat
Teori fenomena paranormal
* Teori ini menjelaskan prekognisi, dejavu, clairvoyance, telepati, dan sentuhan terapeutik
* Clairvoyance adalah rasional dalam bidang empat dimensi dalam interaksi manusia yang saling berkesinambungan, simultan dengan dunia empat dimensi, tidak ada waktu linier maupun pemisahan manusia dan bidang lingkungan
Teori evolusi mempercepat
* Teori mendalilkan bahwa perubahan evolusioner adalah mempercepat dan bahwa berbagai keragaman proses kehidupan adalah pelebaran.
* Frekuensi gelombang yang lebih tinggi terkait dengan percepatan pembangunan manusia
Teori Rhythmicity
* Fokus pada bidang ritme manusia (ritme ini berbeda dari ritme, biologis psikologis)
* Teori berkaitan dengan manifestasi dari kesatuan manusia itu sebagai perubahan pola bangun tidur manusia, indeks bidang gerak manusia, persepsi berlalunya waktu, dan pengembangan berirama lainnya
Teori berasal dari ilmu manusia kesatuan
* Ritme perspektif model (Patrick 1983)
* Teori kesehatan sebagai memperluas kesadaran (Neuman, 1986)
* Teori kreativitas, aktualisasi dan empati (Alligood 1991)
* Teori transendensi diri (Reed1997)
* Power sebagai partisipasi mengetahui perubahan (Barrett 1998)
Referensi
1. George B. Julia, Teori-Para Perawatan dasar untuk Praktik Keperawatan profesional, 3rd ed. Norwalk, Appleton Lange &.
2. Evelyn M. Wills, McEwen Melanie (2002). Dasar Teoritis Keperawatan Philadelphia. Lippincott Williams & Wilkins.
3. Meleis Afaf Ibrahim (1997), Keperawatan Teoritis: Pengembangan & Kemajuan 3rd ed. Philadelphia, Lippincott.
4. Taylor Carol, Lillis Carol (2001) The Art & Science Of Perawatan 4th ed. Philadelphia, Lippincott.
5. Sebuah Potter Patricia, Perry G Anne (1992) Fundamentals Of-Konsep Proses Keperawatan & Practice 3rd ed. London Mosby Tahun.
5.1 kebulatan
Kebulatan adalah "proses saling lapangan kontinyu manusia dan lingkungan." Menggambarkan keutuhan kesatuan bidang manusia dan lingkungan. Manusia dan lingkungan bidang co-berkembang bersama dalam proses saling. Kebulatan mencerminkan kesatuan dan kesatuan atau keutuhan manusia dan lingkungan mereka. Menyadari kebulatan berarti kita perlu membebaskan diri dari kebiasaan berpikir bahwa kita hanya terputus fragmen. Dalam praktik keperawatan, kebulatan berarti: a) bergerak dari penekanan pada diri terisolasi, dari kesadaran individu apa yang diketahui, dengan kesadaran apa yang diketahui bersama, b) bergerak dari fokus lama pada kompetisi heroik individu terhadap dunia untuk co-evolusi, kolaborasi, dan rasa hormat; c) bergerak dari melihat alam sebagai koleksi benda-benda terisolasi untuk mengalami bahwa satu merupakan aspek penting dari pola alam, d) melibatkan realisasi bahwa si pengamat adalah bagian integral apa yang dia mengamati; e) bergerak dari penekanan eksklusif pada logika, analisis, dan objektivitas kemampuan untuk berpikir estetis yang meliputi analisis tetapi mengakui batas-batasnya, dan f) membutuhkan sintesis dan berpikir kesatuan. Kesatuan mengetahui membutuhkan mengakui peristiwa adalah: tidak linear atau siklus, tapi saling berbagi simultan membentuk, semua fenomena yang terhubung tetapi dibedakan oleh pola, dan sifat dinamis yang terus menerus pola memerlukan fokus pada pengalaman, proses, dan makna perubahan. Dalam praktik keperawatan, berpartisipasi dengan keseluruhan berarti bergerak dari fokus obsesif pada kontrol dan prediksi ke kepekaan terhadap ketidakpastian, munculnya, dan perubahan, dan menggunakan tindakan halus kami untuk menjadi participators dan fasilitator, bukan manajer perubahan.
Kebulatan membuka satu sampai menemukan misteri kesatuan dan misteri tak terduga yang timbul manifestasi dari jagad yang non-linear "keterhubungan yang mendalam." Kebulatan memerlukan kesadaran yang mendalam tentang ketidakterpisahan orang dengan alam semesta mereka. Menariknya, belas kasih dan keutuhan terhubung dalam kasih sayang itu adalah "kesadaran yang tajam tentang saling ketergantungan antara semua makhluk hidup" (Fox, 1999, hal 23). Untuk menerima kebulatan adalah untuk hidup dan bertindak penuh kasih dimotivasi oleh kasih yang tulus dari semua hubungan kita dan cinta untuk saling ketergantungan kita bersama dan untuk melihat melampaui ilusi keterpisahan kami dan fragmentasi dengan mengungkap dan mengalami cara-cara di mana semua saling berhubungan untuk mengungkapkan pola tersembunyi kesatuan .
Menghargai keutuhan meningkatkan kesadaran seseorang non-lokal sambungan dalam semesta pandimensional dan memberikan pemahaman tentang peristiwa paranormal. Prinsip Rogers dari kebulatan mempostulatkan "keterkaitan dalam" tak terbatas bidang manusia dan lingkungan pandimensional "keterkaitan Deep" ditunjukkan oleh Bell Teorema mencakup keterkaitan dari segala sesuatu tak terbatas oleh ruang dan waktu.. Selain itu, karya Dossey (2001), Nadeau dan Kafatos (1999), Sheldrake (1988), dan Talbot (1991) menjelaskan peran nonlocality dalam evolusi, fisika, kosmologi, kesadaran, fenomena paranormal, penyembuhan, dan doa. Dalam konteks nonlinier-nonlokal, peristiwa paranormal adalah pengalaman kita tentang interkoneksi nonlokal yang mendalam yang mengikat alam semesta bersama-sama.
5.2 Resonancy
Resonancy didefinisikan sebagai "perubahan terus-menerus dari rendah ke pola frekuensi yang lebih tinggi gelombang di bidang manusia dan lingkungan." Malinski (2006) mencatat bahwa meskipun proses perubahan adalah nonlinier, ia tidak dapat bergerak dari bahasa menggunakan linier "dari rendah ke tinggi" gerakan bergegas gelombang frekuensi. Cara terbaik adalah memikirkan frekuensi gelombang sebagai berfluktuasi terus, memanifestasikan kedua pola frekuensi yang lebih tinggi dan lebih rendah. Karena medan energi yang dinamis, terus berubah, dan semuanya bergerak, memanifestasikan pola yang dianggap sebagai gelombang, maka ada pola frekuensi. Frekuensi adalah cara memahami sifat dari pola. Pola mewujudkan dari proses manusia dan lingkungan saling energik lapangan telah mengubah pola, dan semua pola perubahan dapat ditandai dengan frekuensi. Dalam menggambarkan frekuensi, Rogers (1970) menggambarkan proses kehidupan sebagai "disamakan dengan irama --- kadang harmonis, kadang ribut, kadang-kadang disonan; naik dan turun, sekarang cepat, sekarang lambat - pernah berubah dalam orkestrasi universal pola gelombang yang dinamis "(hal. 101). Proses kehidupan disebarkan oleh gelombang dan alam semesta adalah simfoni getaran ritmis berosilasi pada berbagai frekuensi. Semuanya bergerak: superstring yang bergetar; elektron berputar, sel berada dalam gerakan; cahaya dan suara yang bergetar gelombang foton dan udara, dan manusia adalah ritme sirkadian koleksi menghubungkan mereka dengan mengubah pola lingkungan dan cahaya dan gelap. Siklus adalah frekuensi, atau pola gelombang berubah. Musim dan siklus lunar adalah pola dari bulan berputar di sekitar bumi, dan bumi mengelilingi matahari. Planet berputar mengelilingi matahari, sedangkan matahari berputar dan berputar di galaksi kita, sebuah galaksi yang berputar di sekitar pusat dari Bima Sakti, sedangkan Bima Sakti berputar melalui alam semesta. Semuanya bergerak dan dimana ada gerak, ada perubahan. Dimana ada perubahan, ada frekuensi menggambarkan sifat gelombang bergegas, banyak yang yang berada di luar persepsi manusia. Hidup kita mewujudkan perubahan frekuensi. Ulangi siklus dalam kehidupan kita, tidak pernah persis sama, tetapi belum serupa. Kita mungkin mendapatkan "terjebak" dalam suatu pola tertentu. Resonancy memberi makna pada ungkapan umum seperti "Saya merasa keluar dari ritme," kita tidak berada pada frekuensi yang sama; ". Ini adalah masa pergolakan" "" Anda memiliki getaran yang tepat "dan
Dalam konseptualisasi dari pengalaman turbulensi dalam perspektif ilmu Rogerian, Jagal (1993) menggambarkan turbulensi adalah pengalaman manusia yang umum dalam proses kehidupan kita. Turbulensi adalah keributan disonan dalam proses bidang manusia-lingkungan ditandai dengan paterns gelombang frekuensi kacau dan tak terduga. Selama proses kehidupan, orang-orang yang mengalami peristiwa hidup yang tak terduga, traumatis, bergelombang, dan kadang-kadang kacau. Dia menggambarkan bagaimana seseorang dapat "mengalir" ini turbulensi menggunakan "keterlibatan harmonis intens dalam proses bidang manusia-lingkungan bersama" (hal. 190). Mengalir dengan turbulensi adalah ekspresi kreatif saling keindahan dan kasih karunia dan merupakan cara ketekunan meningkatkan masa-masa sulit. Perawat penuh kasih dapat membantu klien dalam mengalir dengan perubahan bergolak dengan memupuk tujuan, penempaan menyelesaikan, dan memulihkan harmoni (Butcher, 1993; 2001). Budidaya melibatkan tujuan membantu klien dalam mengidentifikasi tujuan dan mengembangkan sistem tindakan. Sistem tindakan adalah terdiri dari pola strategi yang dirancang untuk meningkatkan kerukunan di tengah kesulitan dan memfasilitasi aktualisasi potensi untuk kesejahteraan. Pada saat-saat turbulensi, klien mungkin perlu untuk meningkatkan kesadaran mereka menggunakan suspensi kreatif untuk memfasilitasi pemahaman kompleksitas situasi itu. Dipandu citra berguna dalam suspensi kreatif dengan membantu klien untuk memasukkan suspensi abadi diarahkan memvisualisasikan situasi keseluruhan dan memfasilitasi penciptaan strategi baru dan solusi. Menyelesaikan penempaan membantu klien dalam menjadi terlibat dan direndam dalam sistem tindakan mereka. Karena sistem kacau dan bergolak yang jauh sensitif, tindakan "lembut" atau halus di alam dan didistribusikan ke seluruh sistem yang terlibat dalam proses perubahan. Memasuki sistem chaos dengan "percikan besar" atau mencoba untuk memaksa perubahan dalam arah tertentu mungkin akan menyebabkan turbulensi meningkat (Butcher, 1993; 2001). Tempa mengatasi melibatkan menggabungkan pengalaman flow dalam proses perubahan. Pengalaman flow mempromosikan pola yang harmonis bidang manusia / lingkungan. Ada berbagai macam pengalaman flow yang dapat dimasukkan ke dalam kegiatan sehari-hari: seni, musik, olahraga, membaca, berkebun, meditasi, menari, olahraga, berlayar, berenang, pertukangan, menjahit, yoga atau aktivitas yang merupakan sumber kenikmatan , konsentrasi, dan keterlibatan yang mendalam. Para menggabungkan pengalaman mengalir ke pola harian memfasilitasi harmonis pulih. Memulihkan adalah mencapai harmoni rasa keberanian, keseimbangan, tenang, dan ketahanan di tengah acara live bergolak dan mengancam (Butcher, 1993, 2001).
5.3 Helicy
Helicy adalah "terus menerus, inovatif, tidak terduga, keragaman meningkat dalam pola bidang manusia dan lingkungan." Prinsip helicy meliputi konsep berirama, munculnya evolusi negentropic, dan sifat kesatuan dari hubungan manusia-lingkungan. Sama seperti pusaran, irama heliks atau spiral kehidupan, digambarkan oleh Rogers sebagai Slinky ®, adalah "terkait ditenun menjadi irama alam semesta" (Rogers, 1970, hal 100). Para ® Slinky heliks berkonotasi munculnya berirama yang pernah berkembang dari bidang manusia-lingkungan terhadap inovasi meningkat. Definisi helicy pertama kali direvisi pada tahun 1980 untuk: "Sifat dan arah perubahan manusia dan lingkungan secara terus menerus inovatif, probabilistik, dan ditandai dengan meningkatnya keragaman pola medan manusia dan lingkungan dan organisasi muncul dari interaksi, saling berkesinambungan, simultan antara bidang manusia dan lingkungan dan mewujudkan non-berulang rhythmicities "(Rogers, 1980, hal 333). Ada dasarnya tidak ada perubahan dalam arti antara 1970 dan 1980 definisi. Sebaliknya, definisi 1980 adalah klarifikasi dari definisi asli. Prinsip komplementaritas, kebulatan kemudian berganti nama, secara eksplisit dimasukkan ke dalam definisi 1980 dari helicy untuk menyoroti pentingnya simultanitas saling bertentangan dengan gagasan kausalitas. Pada tahun 1986, Rogers disederhanakan definisi helicy dengan mendefinisikan sebagai "berkelanjutan, keragaman yang inovatif, meningkatkan probabilistik pola bidang manusia dan lingkungan dicirikan oleh rhythmicities berulang" (Rogers, 1986, hal 6). Revisi akhir dan paling signifikan dan perubahan berikutnya dalam arti prinsip helicy terjadi ketika Rogers (1990) diganti dengan "tak terduga" istilah untuk probabilistik dan menyederhanakan definisi lebih lanjut dengan menjatuhkan frase "ditandai dengan rhythmicities tidak berulang." (1990a) definisi terakhir Rogers 'dari helicy adalah "terus menerus inovatif, tak terduga, meningkatnya keragaman pola medan manusia dan lingkungan" (hal. 8). Rogers (1990a) mengutip (1989) Mallove "The Solar Sistem Chaos" dan yang Peterson (1989) "Menggali ke Pasir" untuk memberikan alasan seperti mengapa tidak dapat diprediksi "melampaui probabilitas" (hal. 8).
Sementara Rogers awalnya mungkin telah dipengaruhi oleh munculnya teori chaos sebagai dukungan bagi gagasan tentang ketidakpastian, dia kemudian mengklarifikasi bahwa teori chaos adalah tertanam dalam pandangan dunia lama masih didasarkan pada asumsi matematika tentang pengurangan, determinisme, kausalitas (Butcher, 1997) . Gambut (1991) menyatakan "memang, teori chaos pada dasarnya adalah sebuah teori deterministik alam dan menimbulkan pertanyaan, teori deterministik dapat benar-benar menangkap esensi sifat kekacauan itu?" (Hal. 197). Namun, teori chaos dan prinsip Rogers 'dari helicy serupa karena keduanya menekankan sifat tak terduga yang melekat perubahan.
Dukungan untuk gagasan tentang ketidakpastian acausal dapat ditemukan di negara berkembang baru dan bahkan juga pandangan yang lebih radikal tentang hakikat realitas. Sebagai contoh, Cahill dan Klinger, dua fisikawan Australia di Flinders University di Adelaide, Australia, mengusulkan pemahaman baru tentang alam semesta berdasarkan keacakan yang melekat dalam teori kuantum. Mereka mengusulkan, "jika Anda bisa mengangkat sudut tabir yang kafan realitas, apa yang Anda akan melihat di bawah hanyalah keacakan" (chown, 2000, hal 26). Ruang-waktu, dan semua yang ada, adalah tidak lebih dari buih di laut dalam keacakan. Cahill menyatakan, "Jauh dari yang hanya sekedar berhubungan dengan pengukuran kuantum, keacakan ini adalah jantung dari realitas." Cahill melanjutkan dengan mengatakan bahwa keacakan ini menghasilkan segalanya. . . "Bahkan menciptakan sensasi saat ini" (chown, 2000, hal 26).
Ketidakpastian adalah manifestasi dari keacakan dan refleksi dari sifat realitas. Pada (2002) buku terbaru Stephen Wolfram A New Kind of Science, ia meyakinkan berpendapat dan menunjukkan bahwa bahkan sistem yang paling sederhana menghasilkan perilaku acak dan tak terduga. Sebagai prinsip helicy menunjukkan, perubahan tidak dapat diprediksi. Dengan merangkul gagasan helicy, seseorang dapat membayangkan dunia sebagai fluks pola, dengan tiba-tiba berubah, hubungan mengejutkan, ketertiban tersembunyi dan makna tersembunyi, paradoks, keragaman meningkat, dan ketidakpastian. Helicy Memahami cara-cara baru yang radikal membuka berpikir dan mengalami realitas dan menantang kita untuk query asumsi kita tentang ilusi kita kontrol dan prediktabilitas.
Sebagai sarana untuk pemahaman lebih lanjut tentang makna helicy, Jagal (2002) explicated tujuh wawasan berkembang dari analisis sifat ketidakpastian. Tujuh wawasan diturunkan oleh Briggs dan reformulasi (1999) asli Gambut itu "pelajaran tujuh pada kekacauan" dengan cara yang lebih konsisten dengan ilmu pengetahuan Rogers kesatuan manusia. Briggs dan Gambut (1999) telah menggambarkan bagaimana teori chaos adalah berkembang dari sebuah teori ilmiah ke metafora budaya. Mereka menyarankan bahwa alih-alih menolak ketidakpastian hidup, kita harus merangkul kemungkinan bahwa ketidakpastian menawarkan. Tujuh wawasan tidak dimaksudkan sebagai resep, tetapi lebih sebagai provokasi dan sebagai wawasan abadi yang berfungsi untuk menciptakan pemahaman yang lebih dalam helicy alam. Mereka wawasan yang relevan dengan diskusi tentang helicy meliputi: budidaya kreativitas dan menggunakan kekuatan kupu-kupu.
Menumbuhkan Kreativitas: Dalam ilmu Rogerian, ketidakpastian yang melekat dalam helicy adalah sumber kreativitas. Perubahan adalah kreatif. Dalam alam semesta, pandimensional nonlinier, apa pun bisa terjadi. Ide kreativitas dan helicy selalu dikaitkan. Definisi sangat helicy menggabungkan kreativitas karena perubahan heliks selalu "inovatif" (Rogers, 1992, hlm 8). Pengertian perubahan percepatan, peningkatan keanekaragaman, dan nonlinier semua adalah manifestasi dari proses kreatif manusia-lingkungan bersama. Para penyair Keats berbicara tentang bagaimana pencipta dan visioner memupuk kemampuan untuk hidup dalam apa yang disebut "keraguan dan ketidakpastian" cukup lama untuk memungkinkan sesuatu yang baru untuk mekar (Briggs & Gambut, 1999, hal 22). Krishnamurti (1948) juga percaya bahwa apresiasi yang kreatif dalam hidup hanya datang ketika ada ketidakpastian yang sangat besar. Selain itu, teori-teori kontemporer banyak telah dijelaskan sekarang ketidakpastian, keacakan, dan kekacauan adalah sumber kreativitas termasuk Prigogine dan Strengers '(1984) teori struktur disipatif, (1980) agar generatif Bohm, teori Poincare dari kekacauan, dan yang paling baru, yang Wolfram (2002) prinsip kesetaraan komputasi. Selanjutnya, Chowen (2000) menjelaskan bahwa Cahill dan Klinger percaya bahwa ketidakpastian dan keacakan berada di jantung ciptaan. Sebagai salah satu memasuki turbulensi penting dari kehidupan, semuanya selalu baru. Kreativitas mencakup produksi kebaruan.
Helicy bahan bakar kreativitas. Laura Sewall menyediakan beberapa wawasan ke dalam proses kreatif dengan menjelaskan bagaimana imajinasi dan kreativitas menyediakan jembatan antara diri kita dan dunia. Makna diciptakan oleh bridging atau menempelkan diri kita dengan hal-hal di dunia melalui imajinasi (Sewall, 2000). Imajinasi membawa dunia menjadi ada. Menurut Sewall, untuk menjadi visioner adalah untuk mengubah diri kita ke tepi pengalaman dikenal di mana pengalaman menjadi dibumbui dengan tidak diketahui, mana imajinasi langkah maju ke dalam wilayah kemungkinan. Praktek visioner adalah tindakan persepsi dan ada seni untuk ini.
Untuk kutipan Sewall. . .
"Ini adalah kemampuan untuk melihat satu gratis dari pandangan dunia AC dan diprogram - - - sebuah unpatterning dunia ---- diasumsikan dan kemudian berseni jahitan kembali bersama-sama melalui kekuatan imajinasi yang dibudidayakan Dibudidayakan dalam pengertian ini berarti informasi dan. dibentuk oleh integritas dan keutuhan ditampilkan oleh dunia terlihat, atau imajinasi diciptakan dan diisi dengan memperhatikan pola-pola dunia yang masih utuh "(hal. 23).
Para peneliti yang telah mempelajari proses kreatif telah menemukan bahwa orang-orang kreatif memiliki toleransi yang tinggi terhadap ambiguitas, ambivalensi, minat yang luas, tarik kompleksitas, intuisi, kepekaan, dan kekacauan (Briggs & Gambut, 1999; Csikszentmihalyi, 1996; Oldham & Cummings, 1996 ). Selama lebih dari 30 tahun, etika kreativitas dan inovasi telah dipromosikan oleh teori keperawatan (Gilmartin, 1999). Rogers (1992) mendefinisikan keperawatan sebagai seni penggunaan kreatif dan imajinatif pengetahuan untuk tujuan perbaikan manusia. Demikian pula, Levine (1973) menggambarkan keperawatan sebagai seni puisi, sebuah seni di mana alasan dan imajinasi datang bersama-sama untuk menciptakan sebuah pengalaman manusia baru dan unik.
Perawat yang memupuk kreativitas meningkatkan seni keperawatan. Rogers (1992) menggambarkan seni keperawatan sebagai penggunaan kreatif pengetahuan dalam praktik keperawatan. Semua perawat dapat meningkatkan penggunaan kreativitas dalam praktek dengan terlibat dalam kegiatan yang menumbuhkan kreativitas. Csikszentmihalyi (1996), dalam studinya tentang kreativitas, menyarankan satu dapat memupuk kreativitas dengan a) mencoba untuk menjadi terkejut oleh sesuatu setiap hari, b) mencoba untuk mengejutkan orang setiap hari; c) mengikuti apa pemogokan percikan bunga; d) meningkatkan kompleksitas kegiatan-kegiatan yang Anda nikmati; e) membuat waktu untuk refleksi dan relaksasi; f) menciptakan hidup dan lingkungan kerja yang memfasilitasi kreativitas; g) memeriksa beberapa masalah dari sudut pandang; h) menggunakan berpikir divergen untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin; dan i) terlibat dalam kegiatan yang paling menyenangkan dan bermakna bagi Anda.
Menggunakan Daya Butterfly: Hidup dengan ketidakpastian berarti mengakui bahwa tindakan halus saat merawat pasien memiliki potensi untuk menciptakan arti yang paling dan perubahan. Tertanam dalam gagasan helicy adalah irama berulang beresonansi dari proses kehidupan manusia-alam semesta acausal. Perubahan heliks mewujud melalui proses saling bidang manusia dan lingkungan. Menggambarkan keutuhan kesatuan, persatuan, dan sifat yang tidak terpisahkan dari heliks bidang lingkungan manusia. Sebuah alam semesta keterhubungan yang mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas berarti perubahan kecil melalui koneksi nonlinier dan nonlokal dalam realitas pandimensional berpotensi menimbulkan transformasi besar. Kupu-kupu listrik melibatkan pengakuan dan penggunaan energi halus. Tindakan Halus dan lembut beresonansi gerakan dan dapat memperkuat melalui rhythmicities berulang menciptakan transformasi besar (Gambut, 1991). Sebagai contoh, sistem cuaca sangat sensitif mengepakkan sayap kupu-kupu dapat mengubah cuaca esok hari (Gleick, 1987; Gambut, 1991). Edward Lorenz, yang mempelajari perubahan nonlinear dalam cuaca, disebut ini sebagai "efek kupu-kupu." Sementara kupu-kupu pantas memiliki sedikit kekuasaan, dalam keterkaitan alam semesta yang mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas, kepakan sayap kupu-kupu dapat dirasakan di sisi lain dunia.
Kekuatan dalam penyembuhan perawat sering tersembunyi dalam tindakan welas asih halus seperti menghabiskan waktu ekstra dengan pasien atau keluarga dalam suatu krisis atau efek halus dari kata-kata penuh kasih dan menenangkan dan sentuhan lembut dari tangan menenangkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, kata-kata yang digunakan, dapat memiliki efek mendalam pada penyembuhan. Pada saat yang sama, tindakan-tindakan penting merawat halus dapat muncul untuk membuat kontribusi perawat untuk kesehatan dan penyembuhan tak terlihat.
Keterkaitan mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas helicy berarti satu individu, atau satu kelompok mendalam dapat mengubah dunia. Bertindak secara kolektif dan sebagai individu, kupu-kupu kekuasaan menyediakan sarana dengan mana suara keperawatan dan visibilitas dapat menjadi sepadan dengan ukuran dan pentingnya keperawatan dalam perawatan kesehatan. Dalam alam semesta pandimensional, seseorang tidak mungkin mengetahui hasil langsung atau jika tindakan tertentu mengarah ke transformasi tertentu, tetapi orang bisa bertindak dengan kasih sayang niat, dan dengan kesadaran bahwa tindakan halus dapat penguasa transformasi besar. Melalui upaya kolektif kami satu dapat membuat kehalusan tak terlihat peduli terlihat dan mendidik rakyat tentang perawat membuat kontribusi yang sangat berharga bagi kesehatan masyarakat.
Pengantar
Tentang teori yang
* Martha Rogers E
* Lahir: 12 Mei 1914, Dallas, Texas, Amerika Serikat
* Diploma: Knoxville Rumah Sakit Umum Sekolah Keperawatan (1936)
* Wisuda di Perawatan Kesehatan Masyarakat: George Peabody College, TN, 1937
* MA: Guru perguruan tinggi, universitas Columbia, New York, 1945
* MPH: Johns Hopkins University, Baltimore, MD, 1952
* Doktor dalam keperawatan: Johns Hopkins University, Baltimore, 1954
* Fellowship: Amerika akademi keperawatan
* Posisi: Profesor Emerita, Divisi Keperawatan, New York University, Konsultan, Pembicara
* Meninggal: 13 Maret 1994
Publikasi dari Martha Rogers
* Teoritis dasar keperawatan (Rogers 1970)
* Perawatan ilmu dan seni: sebuah prospektif (Rogers 1988)
* Perawatan: ilmu kesatuan, update tereduksi, manusia (Rogers 1990)
* Visi ruang berbasis keperawatan (Rogers 1990)
Sekilas model Rogerian
* Sistem Rogers konseptual menyediakan tubuh pengetahuan dalam keperawatan.
* Model Rogers menyediakan cara untuk melihat kesatuan manusia.
* Manusia dipandang sebagai bagian integral dengan alam semesta.
* Manusia kesatuan dan lingkungan adalah satu, tidak dikotomis
* Perawatan berfokus pada orang dan manifestasi yang muncul dari proses saling bidang manusia / lingkungan
hidup yang disebarkan oleh gelombang
* Manifestasi dari pola medan yang muncul adalah peristiwa diamati
* Identifikasi pola memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengalaman manusia
* Dasar karakteristik yang menggambarkan proses hidup manusia: bidang energi, keterbukaan, pola, dan dimensi panci
* Konsep-konsep dasar meliputi kesatuan manusia, lingkungan, dan prinsip-prinsip homeodynamic
Konsep Model Rogers
Bidang energi
* Bidang energi adalah unit dasar dari kedua hidup dan tak hidup
* Ini medan energi "menyediakan cara untuk memahami manusia dan lingkungan sebagai keseluruhan tereduksi"
* Bidang energi terus bervariasi dalam intensitas, densitas, dan sejauh
Keterbukaan
* Bidang manusia dan bidang lingkungan hidup terus-menerus bertukar energi mereka
* Tidak ada batasan atau penghalang yang menghambat aliran energi antara bidang
Pola
* Pola didefinisikan sebagai karakteristik yang membedakan suatu medan energi yang dirasakan sebagai gelombang tunggal
* "Pola abstraksi dan itu memberikan identitas ke lapangan"
Pan dimensi
* Pan dimensi didefinisikan sebagai "domain non linier tanpa atribut spasial atau temporal"
* Parameter-parameter yang digunakan manusia dalam bahasa untuk menggambarkan peristiwa yang sewenang-wenang.
* Ini adalah relatif, tidak ada pemesanan temporal kehidupan.
Homeodynamic prinsip-prinsip
* Prinsip-prinsip homeodynamic postulat cara memahami kesatuan manusia
* Unit dasar dari sistem hidup adalah medan energi
* Tiga prinsip homeodynamics
o Resonancy
o Helicy
o kebulatan
Resonansi
* Resonansi adalah pengaturan memerintahkan ritme karakteristik kedua field manusia dan bidang lingkungan hidup yang mengalami metamorfosis yang dinamis terus menerus dalam proses lingkungan manusia
Helicy
* Helicy menggambarkan evolusi, tidak terduga, namun terus menerus nonlinier medan energi yang dibuktikan dengan rhythmicties mengulangi non
* Prinsip Helicy suatu postulat munculnya pemesanan evolusi manusia
Keutuhan
* Para saling hubungan, terus-menerus dari medan energi manusia dan bidang lingkungan hidup.
* Perubahan terjadi dengan oleh repatterning berkelanjutan dari bidang manusia dan lingkungan dengan gelombang resonansi
* Bidang yang satu dan terintegrasi namun unik satu sama lain
Paradigma Keperawatan
Menjadi Manusia kesatuan (orang)
* Seorang manusia uniter adalah "tak dapat dikurangi, terpisahkan, panci dimensi (empat dimensi) bidang energi diidentifikasi oleh pola dan karakteristik memanifestasikan yang khusus untuk keseluruhan dan yang tidak dapat diprediksi dari pengetahuan tentang bagian-bagian" dan "suatu kesatuan yang utuh yang memiliki karakteristik sendiri yang khas yang tidak dapat dirasakan dengan melihat, menjelaskan, atau meringkas bagian "
Lingkungan
* Lingkungan adalah "tereduksi, pan bidang energi dimensi diidentifikasi oleh pola dan integral dengan bidang manusia"
* Lapangan hidup berdampingan dan tidak terpisahkan.
* Manifestasi muncul dari bidang ini dan dirasakan.
Kesehatan
* "Ekspresi dari proses kehidupan, mereka adalah" karakteristik dan perilaku muncul dari interaksi, saling simultan bidang manusia dan lingkungan "
* Kesehatan dan penyakit adalah bagian dari kontinum waras.
* Para beberapa peristiwa yang terjadi sepanjang sumbu kehidupan menunjukkan sejauh mana manusia mencapai potensi kesehatan maksimal dan sangat dalam ekspresi mereka dari kesehatan terbesar untuk kondisi-kondisi yang tidak sesuai dengan proses kehidupan memelihara
Perawatan
* Dua dimensi ilmu keperawatan Independen
1. Sebuah badan terorganisasi pengetahuan yang spesifik untuk keperawatan adalah tiba di oleh penelitian ilmiah dan analisis logis
2. Seni praktik keperawatan:
+ Penggunaan kreatif ilmu pengetahuan untuk kemajuan manusia
+ Penggunaan kreatif pengetahuan adalah seni praktiknya
* Perawatan ada untuk melayani orang.
* Ini adalah tanggung jawab langsung dan utama kepada masyarakat
* Praktek aman keperawatan tergantung pada sifat dan jumlah pengetahuan ilmiah keperawatan individu membawa untuk berlatih ... .... Penghakiman, imajinatif intelektual dengan mana pengetahuan tersebut dibuat dalam pelayanan kepada jenis manusia.
Rogerian teori-Grand teori
* Teori fenomena paranormal
* Teori rhythmicities
* Teori evolusi mempercepat
Teori fenomena paranormal
* Teori ini menjelaskan prekognisi, dejavu, clairvoyance, telepati, dan sentuhan terapeutik
* Clairvoyance adalah rasional dalam bidang empat dimensi dalam interaksi manusia yang saling berkesinambungan, simultan dengan dunia empat dimensi, tidak ada waktu linier maupun pemisahan manusia dan bidang lingkungan
Teori evolusi mempercepat
* Teori mendalilkan bahwa perubahan evolusioner adalah mempercepat dan bahwa berbagai keragaman proses kehidupan adalah pelebaran.
* Frekuensi gelombang yang lebih tinggi terkait dengan percepatan pembangunan manusia
Teori Rhythmicity
* Fokus pada bidang ritme manusia (ritme ini berbeda dari ritme, biologis psikologis)
* Teori berkaitan dengan manifestasi dari kesatuan manusia itu sebagai perubahan pola bangun tidur manusia, indeks bidang gerak manusia, persepsi berlalunya waktu, dan pengembangan berirama lainnya
Teori berasal dari ilmu manusia kesatuan
* Ritme perspektif model (Patrick 1983)
* Teori kesehatan sebagai memperluas kesadaran (Neuman, 1986)
* Teori kreativitas, aktualisasi dan empati (Alligood 1991)
* Teori transendensi diri (Reed1997)
* Power sebagai partisipasi mengetahui perubahan (Barrett 1998)
Referensi
1. George B. Julia, Teori-Para Perawatan dasar untuk Praktik Keperawatan profesional, 3rd ed. Norwalk, Appleton Lange &.
2. Evelyn M. Wills, McEwen Melanie (2002). Dasar Teoritis Keperawatan Philadelphia. Lippincott Williams & Wilkins.
3. Meleis Afaf Ibrahim (1997), Keperawatan Teoritis: Pengembangan & Kemajuan 3rd ed. Philadelphia, Lippincott.
4. Taylor Carol, Lillis Carol (2001) The Art & Science Of Perawatan 4th ed. Philadelphia, Lippincott.
5. Sebuah Potter Patricia, Perry G Anne (1992) Fundamentals Of-Konsep Proses Keperawatan & Practice 3rd ed. London Mosby Tahun.
5.1 kebulatan
Kebulatan adalah "proses saling lapangan kontinyu manusia dan lingkungan." Menggambarkan keutuhan kesatuan bidang manusia dan lingkungan. Manusia dan lingkungan bidang co-berkembang bersama dalam proses saling. Kebulatan mencerminkan kesatuan dan kesatuan atau keutuhan manusia dan lingkungan mereka. Menyadari kebulatan berarti kita perlu membebaskan diri dari kebiasaan berpikir bahwa kita hanya terputus fragmen. Dalam praktik keperawatan, kebulatan berarti: a) bergerak dari penekanan pada diri terisolasi, dari kesadaran individu apa yang diketahui, dengan kesadaran apa yang diketahui bersama, b) bergerak dari fokus lama pada kompetisi heroik individu terhadap dunia untuk co-evolusi, kolaborasi, dan rasa hormat; c) bergerak dari melihat alam sebagai koleksi benda-benda terisolasi untuk mengalami bahwa satu merupakan aspek penting dari pola alam, d) melibatkan realisasi bahwa si pengamat adalah bagian integral apa yang dia mengamati; e) bergerak dari penekanan eksklusif pada logika, analisis, dan objektivitas kemampuan untuk berpikir estetis yang meliputi analisis tetapi mengakui batas-batasnya, dan f) membutuhkan sintesis dan berpikir kesatuan. Kesatuan mengetahui membutuhkan mengakui peristiwa adalah: tidak linear atau siklus, tapi saling berbagi simultan membentuk, semua fenomena yang terhubung tetapi dibedakan oleh pola, dan sifat dinamis yang terus menerus pola memerlukan fokus pada pengalaman, proses, dan makna perubahan. Dalam praktik keperawatan, berpartisipasi dengan keseluruhan berarti bergerak dari fokus obsesif pada kontrol dan prediksi ke kepekaan terhadap ketidakpastian, munculnya, dan perubahan, dan menggunakan tindakan halus kami untuk menjadi participators dan fasilitator, bukan manajer perubahan.
Kebulatan membuka satu sampai menemukan misteri kesatuan dan misteri tak terduga yang timbul manifestasi dari jagad yang non-linear "keterhubungan yang mendalam." Kebulatan memerlukan kesadaran yang mendalam tentang ketidakterpisahan orang dengan alam semesta mereka. Menariknya, belas kasih dan keutuhan terhubung dalam kasih sayang itu adalah "kesadaran yang tajam tentang saling ketergantungan antara semua makhluk hidup" (Fox, 1999, hal 23). Untuk menerima kebulatan adalah untuk hidup dan bertindak penuh kasih dimotivasi oleh kasih yang tulus dari semua hubungan kita dan cinta untuk saling ketergantungan kita bersama dan untuk melihat melampaui ilusi keterpisahan kami dan fragmentasi dengan mengungkap dan mengalami cara-cara di mana semua saling berhubungan untuk mengungkapkan pola tersembunyi kesatuan .
Menghargai keutuhan meningkatkan kesadaran seseorang non-lokal sambungan dalam semesta pandimensional dan memberikan pemahaman tentang peristiwa paranormal. Prinsip Rogers dari kebulatan mempostulatkan "keterkaitan dalam" tak terbatas bidang manusia dan lingkungan pandimensional "keterkaitan Deep" ditunjukkan oleh Bell Teorema mencakup keterkaitan dari segala sesuatu tak terbatas oleh ruang dan waktu.. Selain itu, karya Dossey (2001), Nadeau dan Kafatos (1999), Sheldrake (1988), dan Talbot (1991) menjelaskan peran nonlocality dalam evolusi, fisika, kosmologi, kesadaran, fenomena paranormal, penyembuhan, dan doa. Dalam konteks nonlinier-nonlokal, peristiwa paranormal adalah pengalaman kita tentang interkoneksi nonlokal yang mendalam yang mengikat alam semesta bersama-sama.
5.2 Resonancy
Resonancy didefinisikan sebagai "perubahan terus-menerus dari rendah ke pola frekuensi yang lebih tinggi gelombang di bidang manusia dan lingkungan." Malinski (2006) mencatat bahwa meskipun proses perubahan adalah nonlinier, ia tidak dapat bergerak dari bahasa menggunakan linier "dari rendah ke tinggi" gerakan bergegas gelombang frekuensi. Cara terbaik adalah memikirkan frekuensi gelombang sebagai berfluktuasi terus, memanifestasikan kedua pola frekuensi yang lebih tinggi dan lebih rendah. Karena medan energi yang dinamis, terus berubah, dan semuanya bergerak, memanifestasikan pola yang dianggap sebagai gelombang, maka ada pola frekuensi. Frekuensi adalah cara memahami sifat dari pola. Pola mewujudkan dari proses manusia dan lingkungan saling energik lapangan telah mengubah pola, dan semua pola perubahan dapat ditandai dengan frekuensi. Dalam menggambarkan frekuensi, Rogers (1970) menggambarkan proses kehidupan sebagai "disamakan dengan irama --- kadang harmonis, kadang ribut, kadang-kadang disonan; naik dan turun, sekarang cepat, sekarang lambat - pernah berubah dalam orkestrasi universal pola gelombang yang dinamis "(hal. 101). Proses kehidupan disebarkan oleh gelombang dan alam semesta adalah simfoni getaran ritmis berosilasi pada berbagai frekuensi. Semuanya bergerak: superstring yang bergetar; elektron berputar, sel berada dalam gerakan; cahaya dan suara yang bergetar gelombang foton dan udara, dan manusia adalah ritme sirkadian koleksi menghubungkan mereka dengan mengubah pola lingkungan dan cahaya dan gelap. Siklus adalah frekuensi, atau pola gelombang berubah. Musim dan siklus lunar adalah pola dari bulan berputar di sekitar bumi, dan bumi mengelilingi matahari. Planet berputar mengelilingi matahari, sedangkan matahari berputar dan berputar di galaksi kita, sebuah galaksi yang berputar di sekitar pusat dari Bima Sakti, sedangkan Bima Sakti berputar melalui alam semesta. Semuanya bergerak dan dimana ada gerak, ada perubahan. Dimana ada perubahan, ada frekuensi menggambarkan sifat gelombang bergegas, banyak yang yang berada di luar persepsi manusia. Hidup kita mewujudkan perubahan frekuensi. Ulangi siklus dalam kehidupan kita, tidak pernah persis sama, tetapi belum serupa. Kita mungkin mendapatkan "terjebak" dalam suatu pola tertentu. Resonancy memberi makna pada ungkapan umum seperti "Saya merasa keluar dari ritme," kita tidak berada pada frekuensi yang sama; ". Ini adalah masa pergolakan" "" Anda memiliki getaran yang tepat "dan
Dalam konseptualisasi dari pengalaman turbulensi dalam perspektif ilmu Rogerian, Jagal (1993) menggambarkan turbulensi adalah pengalaman manusia yang umum dalam proses kehidupan kita. Turbulensi adalah keributan disonan dalam proses bidang manusia-lingkungan ditandai dengan paterns gelombang frekuensi kacau dan tak terduga. Selama proses kehidupan, orang-orang yang mengalami peristiwa hidup yang tak terduga, traumatis, bergelombang, dan kadang-kadang kacau. Dia menggambarkan bagaimana seseorang dapat "mengalir" ini turbulensi menggunakan "keterlibatan harmonis intens dalam proses bidang manusia-lingkungan bersama" (hal. 190). Mengalir dengan turbulensi adalah ekspresi kreatif saling keindahan dan kasih karunia dan merupakan cara ketekunan meningkatkan masa-masa sulit. Perawat penuh kasih dapat membantu klien dalam mengalir dengan perubahan bergolak dengan memupuk tujuan, penempaan menyelesaikan, dan memulihkan harmoni (Butcher, 1993; 2001). Budidaya melibatkan tujuan membantu klien dalam mengidentifikasi tujuan dan mengembangkan sistem tindakan. Sistem tindakan adalah terdiri dari pola strategi yang dirancang untuk meningkatkan kerukunan di tengah kesulitan dan memfasilitasi aktualisasi potensi untuk kesejahteraan. Pada saat-saat turbulensi, klien mungkin perlu untuk meningkatkan kesadaran mereka menggunakan suspensi kreatif untuk memfasilitasi pemahaman kompleksitas situasi itu. Dipandu citra berguna dalam suspensi kreatif dengan membantu klien untuk memasukkan suspensi abadi diarahkan memvisualisasikan situasi keseluruhan dan memfasilitasi penciptaan strategi baru dan solusi. Menyelesaikan penempaan membantu klien dalam menjadi terlibat dan direndam dalam sistem tindakan mereka. Karena sistem kacau dan bergolak yang jauh sensitif, tindakan "lembut" atau halus di alam dan didistribusikan ke seluruh sistem yang terlibat dalam proses perubahan. Memasuki sistem chaos dengan "percikan besar" atau mencoba untuk memaksa perubahan dalam arah tertentu mungkin akan menyebabkan turbulensi meningkat (Butcher, 1993; 2001). Tempa mengatasi melibatkan menggabungkan pengalaman flow dalam proses perubahan. Pengalaman flow mempromosikan pola yang harmonis bidang manusia / lingkungan. Ada berbagai macam pengalaman flow yang dapat dimasukkan ke dalam kegiatan sehari-hari: seni, musik, olahraga, membaca, berkebun, meditasi, menari, olahraga, berlayar, berenang, pertukangan, menjahit, yoga atau aktivitas yang merupakan sumber kenikmatan , konsentrasi, dan keterlibatan yang mendalam. Para menggabungkan pengalaman mengalir ke pola harian memfasilitasi harmonis pulih. Memulihkan adalah mencapai harmoni rasa keberanian, keseimbangan, tenang, dan ketahanan di tengah acara live bergolak dan mengancam (Butcher, 1993, 2001).
5.3 Helicy
Helicy adalah "terus menerus, inovatif, tidak terduga, keragaman meningkat dalam pola bidang manusia dan lingkungan." Prinsip helicy meliputi konsep berirama, munculnya evolusi negentropic, dan sifat kesatuan dari hubungan manusia-lingkungan. Sama seperti pusaran, irama heliks atau spiral kehidupan, digambarkan oleh Rogers sebagai Slinky ®, adalah "terkait ditenun menjadi irama alam semesta" (Rogers, 1970, hal 100). Para ® Slinky heliks berkonotasi munculnya berirama yang pernah berkembang dari bidang manusia-lingkungan terhadap inovasi meningkat. Definisi helicy pertama kali direvisi pada tahun 1980 untuk: "Sifat dan arah perubahan manusia dan lingkungan secara terus menerus inovatif, probabilistik, dan ditandai dengan meningkatnya keragaman pola medan manusia dan lingkungan dan organisasi muncul dari interaksi, saling berkesinambungan, simultan antara bidang manusia dan lingkungan dan mewujudkan non-berulang rhythmicities "(Rogers, 1980, hal 333). Ada dasarnya tidak ada perubahan dalam arti antara 1970 dan 1980 definisi. Sebaliknya, definisi 1980 adalah klarifikasi dari definisi asli. Prinsip komplementaritas, kebulatan kemudian berganti nama, secara eksplisit dimasukkan ke dalam definisi 1980 dari helicy untuk menyoroti pentingnya simultanitas saling bertentangan dengan gagasan kausalitas. Pada tahun 1986, Rogers disederhanakan definisi helicy dengan mendefinisikan sebagai "berkelanjutan, keragaman yang inovatif, meningkatkan probabilistik pola bidang manusia dan lingkungan dicirikan oleh rhythmicities berulang" (Rogers, 1986, hal 6). Revisi akhir dan paling signifikan dan perubahan berikutnya dalam arti prinsip helicy terjadi ketika Rogers (1990) diganti dengan "tak terduga" istilah untuk probabilistik dan menyederhanakan definisi lebih lanjut dengan menjatuhkan frase "ditandai dengan rhythmicities tidak berulang." (1990a) definisi terakhir Rogers 'dari helicy adalah "terus menerus inovatif, tak terduga, meningkatnya keragaman pola medan manusia dan lingkungan" (hal. 8). Rogers (1990a) mengutip (1989) Mallove "The Solar Sistem Chaos" dan yang Peterson (1989) "Menggali ke Pasir" untuk memberikan alasan seperti mengapa tidak dapat diprediksi "melampaui probabilitas" (hal. 8).
Sementara Rogers awalnya mungkin telah dipengaruhi oleh munculnya teori chaos sebagai dukungan bagi gagasan tentang ketidakpastian, dia kemudian mengklarifikasi bahwa teori chaos adalah tertanam dalam pandangan dunia lama masih didasarkan pada asumsi matematika tentang pengurangan, determinisme, kausalitas (Butcher, 1997) . Gambut (1991) menyatakan "memang, teori chaos pada dasarnya adalah sebuah teori deterministik alam dan menimbulkan pertanyaan, teori deterministik dapat benar-benar menangkap esensi sifat kekacauan itu?" (Hal. 197). Namun, teori chaos dan prinsip Rogers 'dari helicy serupa karena keduanya menekankan sifat tak terduga yang melekat perubahan.
Dukungan untuk gagasan tentang ketidakpastian acausal dapat ditemukan di negara berkembang baru dan bahkan juga pandangan yang lebih radikal tentang hakikat realitas. Sebagai contoh, Cahill dan Klinger, dua fisikawan Australia di Flinders University di Adelaide, Australia, mengusulkan pemahaman baru tentang alam semesta berdasarkan keacakan yang melekat dalam teori kuantum. Mereka mengusulkan, "jika Anda bisa mengangkat sudut tabir yang kafan realitas, apa yang Anda akan melihat di bawah hanyalah keacakan" (chown, 2000, hal 26). Ruang-waktu, dan semua yang ada, adalah tidak lebih dari buih di laut dalam keacakan. Cahill menyatakan, "Jauh dari yang hanya sekedar berhubungan dengan pengukuran kuantum, keacakan ini adalah jantung dari realitas." Cahill melanjutkan dengan mengatakan bahwa keacakan ini menghasilkan segalanya. . . "Bahkan menciptakan sensasi saat ini" (chown, 2000, hal 26).
Ketidakpastian adalah manifestasi dari keacakan dan refleksi dari sifat realitas. Pada (2002) buku terbaru Stephen Wolfram A New Kind of Science, ia meyakinkan berpendapat dan menunjukkan bahwa bahkan sistem yang paling sederhana menghasilkan perilaku acak dan tak terduga. Sebagai prinsip helicy menunjukkan, perubahan tidak dapat diprediksi. Dengan merangkul gagasan helicy, seseorang dapat membayangkan dunia sebagai fluks pola, dengan tiba-tiba berubah, hubungan mengejutkan, ketertiban tersembunyi dan makna tersembunyi, paradoks, keragaman meningkat, dan ketidakpastian. Helicy Memahami cara-cara baru yang radikal membuka berpikir dan mengalami realitas dan menantang kita untuk query asumsi kita tentang ilusi kita kontrol dan prediktabilitas.
Sebagai sarana untuk pemahaman lebih lanjut tentang makna helicy, Jagal (2002) explicated tujuh wawasan berkembang dari analisis sifat ketidakpastian. Tujuh wawasan diturunkan oleh Briggs dan reformulasi (1999) asli Gambut itu "pelajaran tujuh pada kekacauan" dengan cara yang lebih konsisten dengan ilmu pengetahuan Rogers kesatuan manusia. Briggs dan Gambut (1999) telah menggambarkan bagaimana teori chaos adalah berkembang dari sebuah teori ilmiah ke metafora budaya. Mereka menyarankan bahwa alih-alih menolak ketidakpastian hidup, kita harus merangkul kemungkinan bahwa ketidakpastian menawarkan. Tujuh wawasan tidak dimaksudkan sebagai resep, tetapi lebih sebagai provokasi dan sebagai wawasan abadi yang berfungsi untuk menciptakan pemahaman yang lebih dalam helicy alam. Mereka wawasan yang relevan dengan diskusi tentang helicy meliputi: budidaya kreativitas dan menggunakan kekuatan kupu-kupu.
Menumbuhkan Kreativitas: Dalam ilmu Rogerian, ketidakpastian yang melekat dalam helicy adalah sumber kreativitas. Perubahan adalah kreatif. Dalam alam semesta, pandimensional nonlinier, apa pun bisa terjadi. Ide kreativitas dan helicy selalu dikaitkan. Definisi sangat helicy menggabungkan kreativitas karena perubahan heliks selalu "inovatif" (Rogers, 1992, hlm 8). Pengertian perubahan percepatan, peningkatan keanekaragaman, dan nonlinier semua adalah manifestasi dari proses kreatif manusia-lingkungan bersama. Para penyair Keats berbicara tentang bagaimana pencipta dan visioner memupuk kemampuan untuk hidup dalam apa yang disebut "keraguan dan ketidakpastian" cukup lama untuk memungkinkan sesuatu yang baru untuk mekar (Briggs & Gambut, 1999, hal 22). Krishnamurti (1948) juga percaya bahwa apresiasi yang kreatif dalam hidup hanya datang ketika ada ketidakpastian yang sangat besar. Selain itu, teori-teori kontemporer banyak telah dijelaskan sekarang ketidakpastian, keacakan, dan kekacauan adalah sumber kreativitas termasuk Prigogine dan Strengers '(1984) teori struktur disipatif, (1980) agar generatif Bohm, teori Poincare dari kekacauan, dan yang paling baru, yang Wolfram (2002) prinsip kesetaraan komputasi. Selanjutnya, Chowen (2000) menjelaskan bahwa Cahill dan Klinger percaya bahwa ketidakpastian dan keacakan berada di jantung ciptaan. Sebagai salah satu memasuki turbulensi penting dari kehidupan, semuanya selalu baru. Kreativitas mencakup produksi kebaruan.
Helicy bahan bakar kreativitas. Laura Sewall menyediakan beberapa wawasan ke dalam proses kreatif dengan menjelaskan bagaimana imajinasi dan kreativitas menyediakan jembatan antara diri kita dan dunia. Makna diciptakan oleh bridging atau menempelkan diri kita dengan hal-hal di dunia melalui imajinasi (Sewall, 2000). Imajinasi membawa dunia menjadi ada. Menurut Sewall, untuk menjadi visioner adalah untuk mengubah diri kita ke tepi pengalaman dikenal di mana pengalaman menjadi dibumbui dengan tidak diketahui, mana imajinasi langkah maju ke dalam wilayah kemungkinan. Praktek visioner adalah tindakan persepsi dan ada seni untuk ini.
Untuk kutipan Sewall. . .
"Ini adalah kemampuan untuk melihat satu gratis dari pandangan dunia AC dan diprogram - - - sebuah unpatterning dunia ---- diasumsikan dan kemudian berseni jahitan kembali bersama-sama melalui kekuatan imajinasi yang dibudidayakan Dibudidayakan dalam pengertian ini berarti informasi dan. dibentuk oleh integritas dan keutuhan ditampilkan oleh dunia terlihat, atau imajinasi diciptakan dan diisi dengan memperhatikan pola-pola dunia yang masih utuh "(hal. 23).
Para peneliti yang telah mempelajari proses kreatif telah menemukan bahwa orang-orang kreatif memiliki toleransi yang tinggi terhadap ambiguitas, ambivalensi, minat yang luas, tarik kompleksitas, intuisi, kepekaan, dan kekacauan (Briggs & Gambut, 1999; Csikszentmihalyi, 1996; Oldham & Cummings, 1996 ). Selama lebih dari 30 tahun, etika kreativitas dan inovasi telah dipromosikan oleh teori keperawatan (Gilmartin, 1999). Rogers (1992) mendefinisikan keperawatan sebagai seni penggunaan kreatif dan imajinatif pengetahuan untuk tujuan perbaikan manusia. Demikian pula, Levine (1973) menggambarkan keperawatan sebagai seni puisi, sebuah seni di mana alasan dan imajinasi datang bersama-sama untuk menciptakan sebuah pengalaman manusia baru dan unik.
Perawat yang memupuk kreativitas meningkatkan seni keperawatan. Rogers (1992) menggambarkan seni keperawatan sebagai penggunaan kreatif pengetahuan dalam praktik keperawatan. Semua perawat dapat meningkatkan penggunaan kreativitas dalam praktek dengan terlibat dalam kegiatan yang menumbuhkan kreativitas. Csikszentmihalyi (1996), dalam studinya tentang kreativitas, menyarankan satu dapat memupuk kreativitas dengan a) mencoba untuk menjadi terkejut oleh sesuatu setiap hari, b) mencoba untuk mengejutkan orang setiap hari; c) mengikuti apa pemogokan percikan bunga; d) meningkatkan kompleksitas kegiatan-kegiatan yang Anda nikmati; e) membuat waktu untuk refleksi dan relaksasi; f) menciptakan hidup dan lingkungan kerja yang memfasilitasi kreativitas; g) memeriksa beberapa masalah dari sudut pandang; h) menggunakan berpikir divergen untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin; dan i) terlibat dalam kegiatan yang paling menyenangkan dan bermakna bagi Anda.
Menggunakan Daya Butterfly: Hidup dengan ketidakpastian berarti mengakui bahwa tindakan halus saat merawat pasien memiliki potensi untuk menciptakan arti yang paling dan perubahan. Tertanam dalam gagasan helicy adalah irama berulang beresonansi dari proses kehidupan manusia-alam semesta acausal. Perubahan heliks mewujud melalui proses saling bidang manusia dan lingkungan. Menggambarkan keutuhan kesatuan, persatuan, dan sifat yang tidak terpisahkan dari heliks bidang lingkungan manusia. Sebuah alam semesta keterhubungan yang mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas berarti perubahan kecil melalui koneksi nonlinier dan nonlokal dalam realitas pandimensional berpotensi menimbulkan transformasi besar. Kupu-kupu listrik melibatkan pengakuan dan penggunaan energi halus. Tindakan Halus dan lembut beresonansi gerakan dan dapat memperkuat melalui rhythmicities berulang menciptakan transformasi besar (Gambut, 1991). Sebagai contoh, sistem cuaca sangat sensitif mengepakkan sayap kupu-kupu dapat mengubah cuaca esok hari (Gleick, 1987; Gambut, 1991). Edward Lorenz, yang mempelajari perubahan nonlinear dalam cuaca, disebut ini sebagai "efek kupu-kupu." Sementara kupu-kupu pantas memiliki sedikit kekuasaan, dalam keterkaitan alam semesta yang mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas, kepakan sayap kupu-kupu dapat dirasakan di sisi lain dunia.
Kekuatan dalam penyembuhan perawat sering tersembunyi dalam tindakan welas asih halus seperti menghabiskan waktu ekstra dengan pasien atau keluarga dalam suatu krisis atau efek halus dari kata-kata penuh kasih dan menenangkan dan sentuhan lembut dari tangan menenangkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, kata-kata yang digunakan, dapat memiliki efek mendalam pada penyembuhan. Pada saat yang sama, tindakan-tindakan penting merawat halus dapat muncul untuk membuat kontribusi perawat untuk kesehatan dan penyembuhan tak terlihat.
Keterkaitan mendalam dan sensitivitas yang tak terbatas helicy berarti satu individu, atau satu kelompok mendalam dapat mengubah dunia. Bertindak secara kolektif dan sebagai individu, kupu-kupu kekuasaan menyediakan sarana dengan mana suara keperawatan dan visibilitas dapat menjadi sepadan dengan ukuran dan pentingnya keperawatan dalam perawatan kesehatan. Dalam alam semesta pandimensional, seseorang tidak mungkin mengetahui hasil langsung atau jika tindakan tertentu mengarah ke transformasi tertentu, tetapi orang bisa bertindak dengan kasih sayang niat, dan dengan kesadaran bahwa tindakan halus dapat penguasa transformasi besar. Melalui upaya kolektif kami satu dapat membuat kehalusan tak terlihat peduli terlihat dan mendidik rakyat tentang perawat membuat kontribusi yang sangat berharga bagi kesehatan masyarakat.